Langsung ke konten utama

Perkembangan Komputer


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.Pada awal nya computer sendiri berfungsi untukmenggambarkan orang yang melakukan perhitungan dengan atau tanpanya alat bantu namun kata ini kemudian dipindah artikan kepada mesin itu sendiri .komputer terus mengalami perkembangan dari generasi ke generasi. Dari pertama kali dibuat, komputer telah mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesatmenyesuaikan pergantinya zaman hingga menjadi bentuknya seperti saat ini.
Berikut ini adalah sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang:

1. KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Sejarah komputer generasi pertamamulai hadir pada tahun 1946 - 1956. Pada komputer generasi pertama ini ia menggunakan tabung hampa udara ( vacuumtubes ) sebagai sirkuit dan komponen utamanya. Karena memiliki ukuran fisik yang besar komputer generasi pertama memerlukan daya listrik yang besar, program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang tersimpan dalam memori komputer. Contoh komputer generasi pertama yaitu: ENIAC,MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC.

2. KOMPUTER GENERASI KEDUA

Komputer generasi kedua mulai populer pada awal tahun 1960-an. pada komputer generasi kedua ini ia menggunakan transistor sebagai sirkuitnya, lebih kecil , hemat energi dan lebih cepat dibandingkan pendahulunya. dalam pemrogramannya komputer generasi kedua menggunakan bahasa assembly ( singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner )meskipun komputer ini menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di keluarkan oleh komputer generasi pertama dan itu dapat berpotensi untukmerusak komponen komponen yang ada pada komputer. Pada generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analyst dan ahli di bidang komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industri piranti lunak atau softwere. Contoh komputer generasi ke dua yaitu : IBM (IBM 1620, IBM1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5

3. KOMPUTER GENERASI KETIGA

Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. ciri utamanya adalah penggunaan Integrated Circuit (IC) ,Karenamenggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama, Peningkatan dari sisi software.Kapasitasmemori lebih besar, dan dapat pula menyimpan ratusan ribu karakter. pada komputer generasi ketiga ini sudah dapat melakukan multiprocessing dan multitasking . Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70. Komputer generasi ketiga ini merupakan titik awal fenomena mikrokomputer. Mikrokomputer memiliki CPU, memori utama, sisteminterkoneksi bus sebagai komponen pendukungnya.

a. CPU
Terdiri dari dua bagian utama yaitu Control Unit(Cu) dan Arithmatic Logical Unit ( ALU ). CU berfungsi utuk menghasilkan dan mengatur signal pengendali yang di perlukan untuk menyerempakkan operasi,aliran dan insruksi program. sedangkan ALU berfungsi untuk melaksanakan operasi matematik dan operasi-operasi logika.

b. Memori Utama
Memori Utama terdiri dari dua macam yakni Random Access Memory (RAM) dan Read OnlyMemory (ROM). RAM adalah memori yang dapat dibaca dan/ ditulis, bersifat volatile. sedangkan ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca dan bersifat nonvolatile.

c. Sistem Interkoneksi Bus
Interkoneksi Bus menunjukkan hubungan antara komponen-komponen secara elektris. Bus meneruskan data, alamat-alamat (address) atau sinyal pengontrol. Bus kadangkala bekerja secara bidirectional, yaitu informasi bisa di transmisikan di kedua arah. Namun biasanya bus bekerja di satu arah dalm satu waktu.

4. KOMPUTER GENERASI KE-EMPAT

Tahun 1971 di generasi ini mulai dikembangkannya komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel . Dibawah ini merupakan sejarah perkembanganMikroprosessor:

a. Mikroprosesor 4 bit

Intel 4004Merupakan mikroprosesor 4 bit pertama dari keluarga Intel,memiliki 45 set instruksi memiliki kecepatan 50 KIPs (Kilo Instructions per second), mikroprosesor 4 bit ini dibuat dengan teknologi P-channel MOSFET.

b. Mikroprosesor 8 bit
semakin berkembangnya mikroprosesor dan memiliki nilai komersial yang tinggi Intel kemudian mengembangkan kembali mikroprosesornya untuk versi 8 bit yaitu pada tahun 1971(Intel 8008), 1973(Intel 8080), Intel 8085 (tahun 1977).

c. Mikroprosesor 16 bit
Semakin meningkatnya kebutuhanmemori yang lebih besar maka dibuatlah mikroprosesor 16 bit pada tahun 1978(Intel 8086), tahun 1979(Intel 8088) tahun 1983(Intel 80286).Salah satu ciri-ciri mikroprosesor 16 bit yaitu jumlahinstruksi yang semakin banyak dan kompleks9lebih dai 20.000, sehingga komputer ini disebut juga dengan Complex Instruction Set Computer (CISC)

d. Microprosesor 32 bit
Intel mengembangkan lagimikroprosesor 32 bit yaitu pada tahun 1986 (Intel 80386) , 1989 (Intel 80486) merupakan gabungandari 80386 sebagai mikroprosesor dan 80387 sebagai numeric coprocessor serta 8KByte cache memory system dalam satu paket terpadu.

e. Microprosesor 64 bit
pada tahun 1993, Intel meluncurkan prosesor 64 bit yang diberi label P5 atau 80586, kemudian berganti nama prosesornya menjadi pentium. pentium memiliki teknologi superscalar (memiliki dua prosesor integer interna bebas sehingga dapat mengeksekusi dua instruksi,yang tidak saling tergantung, secara simultan).

5 KOMPUTER GENERASI KELIMA

Contoh imajinatif komputer generasi ini adalah komputer fiksi HAL900 , HAL menampilka seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi ke lima. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dn proyek komputer generasi kelima. Lembaga Institute for new Computer Technology juga dibentuk untuk merealisasikannya . Rencana komputer generasi kelima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI), sehingga komputer dapat memberikan respon atas keinginanmanusia.



sumber : 

www.ariebnu.com/2016/03/sejarah-komputer.html?m=1
www.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
www.teknologiinformasi.weebly.com/komputer-generasi-kelima.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Login Library Gunadarma

Apa sih e-library gunadarma itu?... jadi library gunadarma itu merupakan perpustakaan secara online, dimana kita bisa melihat hasil dari penulisan Ilmiah , Jurnal , koleksi dari buku dan lain sebagainya. Nah tapi beberapa orang masih kesulitan dalam log-in ke situs tersebut. Bagaimana sih caranya? Pertama-tama Login ke account Studentsite kalian Setelah itu klik Perpustakaan seperti gambar dibawah ini Kemudian akan muncul tampilan pemberitahuan bahwa kalian telah terdaftar seebagai pengguna Deposit dan E-paper perpustakaan Universitas Gunadarma seperti gambar dibawah ini... Lalu buka kembali library.gunadarma.ac.id , kemudian log-in dengan ussername dan password student site kalian.. Dan taraaaaa...... sekarang kalian sudah bisa menggunakan fasilitas ini, sangat mudah bukan?  J  ....

Cara membuat waterfall card

hay hay kali ini aku bakal nge share gimana sih cara buat waterfall card, biasanya waterfall card ini aku gunain sebagai salah satu object buat di explosion box , nah ikutin yuk langkahnya ... siapkan bahan untuk membuat slide card kalian :  - Karton / kertas warna warni - gunting - lem - penggaris potong kertas menjadi bentuk persegi ( ukuran yang aku pakai 6cm x 6 cm) potong kertas lebar 3 cm dan panjang 15-20 cm   Buat pola pada kertas seperti gambar dibawah ini  kemudian lipat di tiap garis seperti gambar dibawah ini Tempelkan kertas yang berbentuk persegi seperti gambar dibawah ini setelah tertempel semua lipat sisa kertas seperti gambar dibawah ini tempelkan kertas lebar sekitar 2cm dan panjang 6 cm dan beri lem di tiap ujung sisi nah mudah bukan? , apabila masih kurang jelas dengan tutorial diatas kalian bisa liat tutorial nya apda video dibawah ini :D

Pluviophile dan Nyctophilia

    Pluviophile dan nyctophilia merupakan istilah di dalam ilmu psikologi. Dalam ilmu psikologi terdapat banyak istilah yang menjelaskan tentang apa,bagaimana dan mengapa suatu tingkah laku dapat terjadi. ketika saya membaca sebuah artikel saya menemukan istilah-istilah unik yang sebelumnya saya tidak pernah mendengarnya, ada dua istilah yang membuat saya tertarik untuk membahasnya yaitu pluviophile dan nyctophilia.    Pluviophile, apa sih sebenarnya pluviophile itu? pluviophile adalah sebutan bagi para pencinta hujan. Pluviophile bisa disebut juga penyakit kejiwaan atau gangguan psikologis dimana penderitnya merasakan kedamaian dan kebahagiaan saat hujan turun. dari salah satu artikel yang saya baca salah satu ciri pluviophile adalah bila hujan turun ketika orang lain mencari tempat untuk berteduh tetapi pluviophile akan melompat ke tengah hujan tanpa memperdulikan apapun.Hujan memang bisa membawa ke tenangan bagi sebagian orang, itupun yang saya rasakan saat turunnya hujan, keti